flashdisk,tidak,terdeteksi,laptop,notebook,komputer

Mengatasi Flashdisk tidak terdeteksi oleh Notebook atau Laptop. Diantara anda mungkin pernah mengalami ketika mau menggunakan flashdisk namun ketika flashdisk sudah tercolokkan tidak ada keterangan bahwa flashdisk terdeteksi oleh laptop atau notebook anda. Cukup membingungkan memang. Sangat mustahil untuk mengatasi masakah ini langsung tanpa menganalisis faktor penyebab masalah ini. Ada beberapa kemungkinan faktor penyebab mengapa masalah ini terjadi, faktor tersebut diantaranya adalah :
  1. Kondisi Flashdisk memang sudah tidak layak digunakan lagi, Coba periksa bahwa secara fisik kondisi flashdik anda baik-baik saja atau tidak.
  2. Kemungkinan terjadi permasalahan pada driver laptop atau notebook.
  3. Laptop atau notebook telah terinfeksi virus.
  4. Konektor atau Port USB anda mengalami masalah.
  5. Konfigurasi atau pengaturan BIOS yang tidak benar ataupun disebabkan oleh faktor-faktor lainnya.
Ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk bisa mengatasi masalah ini,diantaranya :
  • Cara pertama cobalah dengan mencolokkan Flashdisk ke semua lubang port Laptop atau Notebook anda untuk memastikan kemungkinan ada kerusakan pada salah satu lubang port anda. Jika disemua port tidak bisa, coba lubang port Laptop atau Notebook teman anda. Apabila masih juga belum dapat terdeteksi, usaha anda cukup berhenti sampai disiini dan solusi satu-satunya ialah mengganti dengan yang baru. Namun ternyata pada laptop teman bisa, maka anda bisa mencoba kemungkinana solusi selanjutnya.
  • Hipotesis kedua ialah mungkin karena terjadi kesalahan konfigurasi pada setting BIOS anda. Pastikan settingan usb port BIOS anda pada enable, apabila disable ubah menjadi enable. Settingan ini bisa saja berubah karena ketika terjadi error atau PC anda mati dengan tidak semestinya. Biasanya sudah sukses di bagian nomor dua ini. Namun apabila belum, lanjutkan
  • Mungkin saja masalah ini disebabkan oleh virus yang menyerang system registry kita sehingga mengakibatkan kerusakan dan mengubah nilai Dwords. Berubahnya nilai Dword ini menyebabkan port tanpa instalasi tidak terdeteksi. Untuk mengaksesnya,
    • Buka Run, Ketikkan regedit.
    • Lihat Panel bagian kiri dan pilih HKEY _LOCAL _MACHINE à SYSTEM à CurrentControlSet à Services à Gulir kebawah pilih USBSTOR. Lihat gambar.
system,registry,flashdisk,tidak,terdeteksi
Pada gambar terlihat nilai Dwords telah menunjukkan angka 3, nilai 3 merupakan nilai defaullt. Apabila tidak 3 gantilah dengan angka 3. Setelah itu restart laptop atau Notebook anda.

Terimakasih sudah membaca artikel Cara mengatasi Flashdisk tidak terdeteksi diPC. Semoga bermanfaat dan berhasil.

Poskan Komentar