ilustrasi jaringan komputer

Sebelum Lebih jauh menuju Penjelasan Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya masing-masing secara Lengkap alangkah terlebih dahulu anda mengetahui apa itu pengertian jaringan Komputer itu sendiri. Pengertian dari Jaringan Komputer ialah sebuah rangkaian sistem komputer yang terdiri atas komputer-komputer yang terintegrasi satu sama lain yang memungkinkan setiap komputer untuk saling berbagi, tukar menukar informasi, data dan berkomunikasi. Tujuan adanya sistem komputer ini adalah agar user atau pengguna komputer tersebut dapat saling memberikan (Server) dan meminta (disebut client/klien) layanan.

Penjelasan Singkat Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jenis-Jenis Jaringan Komputer pada artikel ini saya bagi menjadi 2 berdasarkan jangkauan skala luasnya dan Berdasarkan Topologi Jaringannya. Berikut penjelasan singkatnya.

1. Berdasarkan Jangkaun skala Wilayah ( Area Network).
  • LAN ( Local Area Network ).
    LAN atau Local area Network merupakan jaringan komputer yang jangkauan wilayahnya relatif  sangat sempit yang menghubungkan 2 atau beberapa komputer. Jaringan ini biasanya digunakan untuk keperluan pribadi, misalnya pada integrasi komputer Warnet, Kantor, labolatorium dll.
LAN,local,area,network

  • MAN ( Metropolitan Area Network )
    Sebenarnya hampir sama dengan LAN, bisa juga disebut sebgaia kumpulan dari LAN, hanya saja cakupannya lebih luas. Kalau LAN menghubungkan antar Komputer dalam satu Bangunan, MAN menghubungkan antar Bangunan seperti kantor, Sekolah dengan skala wilayah yang lebih luas seperti Kota.
MAN,metropolitan,area,networks

  • WAN ( Wide Area Network ).
    Lebih luas dari MAN, cakupan wilayahnya antar Negara bahkan sampai Benua. Contohnya ialah jaringan pada PT telkom, Indosat dsb.   
WAN,Wide,area,networks

Sebenarnya selain diatas, masih terdapat beberapa jenis Area Network lainnya seperti WLAN ( Wireless Area Network, CAN (Campus Area Network), PAN (Perosnal Area Network ) dan DAN Desk Area Network. Namun saya rasa hanya ketiga diatas terpenting yang wajib kita ketahui.

2. Berdasarkan Topologi Jaringan.
  • Topologi jaringan bus : topologi yang menggunakan kabel tunggal guna menghubungkan selurh komputer baik itu server maupun client. topologi ini sangatlah sederhana saat ini jarang dipakai karena sering terjadi masalah jika lalu lintas data sangat padat.
Topologi,bus/bis

  • Topologi ring (topologi cincin), membentuk jaringan berbentuk melingkar, topologi ini memiliki ciri khusus yaitu berbentuk lingkaran untuk menghubungkan antara client dengan server sehingga setiap setiap server atau client akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer yang lain.

Topologi,Cincin/Ring
  • Topologi star atau Bintang: membentuk jaringan menyebar dengan satu pusat ditengah.Topologi yang paling sering digunakan pada sekarang ini karena selain mudah untuk mengidentifikasi permasalahan pada jaringan topologi ini juga paling efisien dan paling mantab, topologi ini menghubungkan antara server ke komputer client menggunakan perantara hub atau switch sehingga jika salah satu komputer mengalami gangguan maka komputer yang lain tidak akan terganggu.
Topologi,star/bintang

Itulah sedikit Penjelasan singkat seputar Jenis-Jenis Jaringan Komputer, walaupun singkat saya harap dapat memberikan ilmu yang bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar