Screen short and capture camera INFODEDIK

Mengetahui Cara mengambil dan membuat (SS) ScreenShoot pada Blog atau Website sangat penting bagi kita, terutama Buat para sahabat Blogger. Untuk mengambil Screenshot pada sebuah Blog berbeda dengan caranya mengambil screenshot dekstop. Biasanya cara yaitu dengan menekkan tombol Prtsc SysRq lalu memastekannya pada Photo Editor, namun cara tersebut tidaklah efektif apabila digunakan untuk mengambil SS Blog yang cukup panjang kebawah. Akan tampak tidak rapi dan tentu membutuhkan proses editing lagi. 

Pada postingan kali ini INFODEDIK akan membagikan tips mudah cara mengambil screen shot pada sebuah Blog, baik itu sebagian maupun keseluruhan. Caranya cukup simple sobat Blogger, yaitu hanya dengan memanfaatkan salah satu extension pada browser Google Chrome yang bernama Awesome ScreenShot : Capture Annotate. Salah satu Google Chrome Extension taking Web ScreenShot yang memungkinkan kita mengambil sebagian, keseluruhan atau memilih sendiri bagian sebuah Blog yang kita ingin ambil SSnya. Berikut cara Install sekaligus menggunakan Awesome ScreenShot : Capture Annotate :

Cara Install 
awesome screenshot extension ss Sebelumnya Install terlebih dahulu Awesome ScreenShot : Capture Annotate ke Browser Google Chrome anda. Klik Disini. Pilih Add to Chrome ( Tambahkan Ke Chrome). Tunggu Proses Download. Setelah selesai periksa di pojok kanan atas Chrome anda. Extension berbentuk Bulat Hitam. 

Cara Menggunakan. 
  • Buka Sebuah Blog atau Website yang ingin anda ambil ScreenShotnya.
  • Setelah itu Klik pada Extension Awesome ScreenShot : Capture Annotate tersebut. Akan ada tiga pilihan yaitu Capture Visible part of Page, Capture selected area dan Capture entire Page.
    • Capture Visible Part of Page : Pilih bila anda hanya ingin mengambil screenshot halaman yang sedang tampak saja.
    • Capture selected Area : Dengan memilih ini, anda kan dapat menyeleksi dan meilih bagian yang ingin anda ambil Screenshot kemudian meng Cropnya. Bisa sampai dasar halaman.
    • Capture Entire Page : Pilih pilihan ini jika anda ingin mengambil keseluruhan halaman, mulai dari atas sampai dasar halaman. 
  • Kemudian setelah anda menentukan dari ketiga perintah diatas, sekarang anda bisa sedikit mengeditnya, seperti meberikan sebuah keterangan panah,tulisan,cropping kembali dsb. Seletah itu pilih Done.
  • Pada step terakhir ini ialah penyimpanan, anda bisa menyimpan ke Komputer anda dengan memilih Save image as File, atau hanya sekedar mengcopynya dengan memilih Copy to Clipboard.. Selain itu anda juga menyimpannya secara online, silakan pilih tempat penyimpanan online favorit anda yang tersedia. 

Bagaimana Sobat? Saya rasa sangat mudah, semudah judul artikel ini, Tips Cara Mudah mengambil ScreenShoot Blog atau Website. Terimakasih, semoga membantu. Salam hangat Blogger Tuban.

Posting Komentar